Tips Perawatan Sepeda – Jaga Sepeda Anda dalam Kondisi Teratas

Jika Anda sering mengendarai sepeda, Anda perlu mengetahui cara menjaga sepeda Anda dalam kondisi prima. Ada beberapa bagian penting yang perlu Anda periksa secara teratur sebelum bersepeda.

Pertama, periksa tekanan ban Anda. Tekanan ban akan membuat sepeda Anda lebih mudah dikayuh, penanganan yang lebih baik dan mencegah ban kempes.

Periksa tekanan ban Anda seminggu sekali tergantung pada usia sepeda Anda. Setiap sepeda merekomendasikan PSI tergantung pada model dan pabrikan. Pastikan Anda menggunakan tekanan yang tepat untuk ban Anda. Cari tahu PSI yang benar dari produsen ban.

Ban lebar membutuhkan lebih sedikit tekanan udara dibandingkan ban sempit. Ban jalan raya membutuhkan 80-130 psi, ban sepeda gunung 30-50 psi dan ban hybrid 50-70 psi.

Kedua, coba rasakan sepeda Anda saat mengendarainya. Saat Anda merasakan sesuatu yang tidak biasa seperti bunyi klik, berderit atau bergemerincing, mungkin ada sesuatu yang perlu dikencangkan. Cobalah untuk mengendarai, mengerem, dan mengayun sepeda Anda dari sisi ke sisi untuk memastikan semuanya terdengar normal.

Bersihkan dan lumasi tiang pengaman untuk menjaga ketinggian sadel Anda tetap sama. Jika tinggi tempat duduk Anda sering berubah, tandai tinggi tempat duduk Anda dengan selotip. Bungkus selotip di sekitar tiang untuk membuatnya menempel pada ketinggian yang sama.

Seka tiang kursi dan tabung kursi dengan kain bersih. Pastikan tidak ada kotoran di dalamnya. Lumuri sedikit minyak di dalam tabung kursi dan pasang kembali tiangnya. Kencangkan penjepit menggunakan kunci torsi. Tidak peduli berapa lama Anda telah beralih ke kunci inggris, tidak ada yang bisa menandingi keakuratan alat torsi.

Ketiga, pastikan semua bagian yang bergerak dari sepeda Anda bergerak dengan baik dengan pelumas sepeda yang tepat. Jaga agar poros pemindah gigi dan rantai tetap dilumasi.

Letakkan pelumas di antara pelat samping dan di bawah roller tengah. Selain tempat itu, tidak akan ada efek positif. Setelah Anda melumasi rantai, biarkan meresap selama beberapa menit, lalu seka rantai untuk membuatnya bersih. Pastikan Anda menghapus rantai setelah setiap perjalanan. Tidak perlu menambahkan pelumas lagi sampai rantai Anda mulai berdecit.

Lumasi pemandu kabel braket bawah untuk meningkatkan perpindahan gigi secara dramatis. Bersihkan semua kotoran yang lengket dan keras dari kotoran jalanan. Ini akan mengganggu aliran kasual dari penyetelan kabel yang tepat.

Dengan pemeriksaan rutin pada sepeda Anda, Anda akan memastikan keamanan pribadi Anda dan memastikan sepeda Anda bertahan lebih lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *